PBN MURAH

Tubuh Antariksa Amerika Serikat( AS) ataupun NASA secara tidak terencana menyiarkan simulasi para astronaut lagi dirawat sebab hadapi penyakit dekompresi di Stasiun Luar Angkasa Internasional( ISS). Perihal itu pernah merangsang spekulasi soal suasana darurat di ISS yang banyak dibahas di media sosial.

Semacam dikutip Reuters, Kamis( 13/ 6/ 2024), NASA sudah mengantarkan uraian serta klarifikasi atas kesalahan tersebut dalam artikel pada akun media sosial X formal kepunyaan ISS pada Rabu( 12/ 6) waktu setempat.

Dipaparkan NASA kalau pada Rabu( 12/ 6) dekat jam 17. 28 US Central Times ataupun dekat jam 22. 28 GMT, saluran YouTube NASA menyiarkan audio yang mengindikasi seseorang astronaut di ISS hadapi dampak penyakit dekompresi( DCS).

Penyakit dekompresi yang diakibatkan oleh nitrogen ataupun gelembung gas yang lain dalam aliran darah akibat pergantian tekanan suasana, dapat pengaruhi sistem saraf pusat serta berpotensi berdampak parah.

Dalam siaran audio NASA itu yang rekamannya tersebar di media sosial, terdengar suara wanita yang memohon para anggota kru ISS buat” memakaikan kembali baju pada komandan”, mengecek denyut nadinya serta memberinya oksigen, setelah itu berkata kalau prognosisnya” lemah”.

NASA tidak memverifikasi rekaman itu ataupun mempublikasikan ulang audionya.

Insiden ini pernah membuat sebagian peminat luar angkasa memposting tautan ke audio itu di media sosial X dengan peringatan menyebut terdapat kondisi darurat yang sungguh- sungguh di ISS.

NASA sudah membantah spekulasi yang tersebar.

Audio ini secara tidak terencana dikirimkan secara galat dari simulasi yang lagi berlangsung di mana anggota kru serta regu darat berlatih buat bermacam skenario di luar angkasa, serta tidak terpaut dengan kondisi darurat yang sesungguhnya, demikian statment NASA mewakili ISS dalam artikel media sosialnya.

” Tidak terdapat suasana darurat yang terjalin di Stasiun Luar Angkasa Internasional,” tegas ISS dalam pernyataannya.

ISS, dalam pernyataannya, melaporkan kalau para anggota kru lagi dalam masa tidur mereka pada dikala audio itu ditayangkan secara galat via saluran YouTube NASA.

Disebutkan pula kalau para anggota kru ISS bersiap buat melaksanakan spacewalk pada Kamis( 13/ 6) dekat jam 08. 00 Eastern Time Zone.

Saluran YouTube NASA yang saat sebelum secara tidak terencana menyiarkan audio simulasi darurat itu, saat ini menunjukkan error message yang menyebut siaran sudah tersendat.

Share.

Comments are closed.

slot slot slot slot slot