Keuntungan Childfree Mungkin bagi beberapa orang artikel ini akan menjadi artikel kontra dan beberapa akan menjadi pro, tapi disni kami hanya ingin memberikan sudut pandang yang lain, jadi saya harap artikel ini bisa anda baca dengan bijaksana, karena semua mempunyai pola dan sudut pandang masing-masing.

Baca Juga : MENGATASI MASALAH RAMBUT UNTUK RAMBUT KERING, RONTOK , DAN BERKETOMBE

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak pasangan suami istri yang memilih untuk hidup tanpa anak, atau biasa disebut dengan childfree. Meskipun keputusan ini masih menjadi hal yang tabu di masyarakat Indonesia, di negara-negara Barat, kehidupan tanpa anak sudah menjadi pilihan yang umum. Tidak memiliki anak memiliki beberapa keuntungan, antara lain:


1. Keuntungan Childfree Lebih Bebas Untuk Menggapai Karir

Keuntungan Childfree  Lebih Bebas Untuk Menggapai Karir


Salah satu keuntungan utama childfree ialah kita lebih mempunyai kebebasan untuk fokus pada karir dan mencapai tujuan pribadi serta impian-impian lain. Tanpa memiliki tanggung jawab mendidik anak, pasangan bisa lebih leluasa dalam mengembangkan karir mereka tanpa harus membagi perhatian dan waktu antara pekerjaan dan keluarga.

Disisi lain juga enerji kita tidak selalu kita habiskan untuk ngomelin anak atau sebagainya, lebih fokus pada pekerjaan yang sedang kita lakukan, karena mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, walau mereka darah daging kita, tapi cara fikir dan hatinya kadang sangat berbeda dengan apa yang kita inginkan.


2. Kebebasan Finansial Ketika Tidak Ada Anak


Perlu kita garis bawahi anak merupakan tanggung jawab finansial yang cukup banyak membuat kita menghabiskan uang. Tanpa kita ada anak, kita dapat menggunakan pendapatan kita sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan mewujudkan impian-impian mereka, seperti memiliki rumah yang nyaman, bepergian ke tempat impian, atau menabung untuk masa depan yang lebih baik.

Selain itu untuk pendidikan anak kita juga akan mengeluarkan dana yang lumayan besar, dari SD sampai ke perguruan tinggi, belum untuk kebutuhan-kebutuhan lain, tentu anggaran ini bisa kita gunakan untuk masa depan kita, tapi balik lagi bagi yang menginginkan anak, maka banyak anak banyak rejeki juga idiom yang saya yakini itu juga bakal terjadi di setiap pasangan yang mempunyai anak.

3. Mengutamakan Kesehatan Diri Sendiri dan Kualitas Hidup

Ketika tidak mempunyai anak, pasangan dapat lebih memfokuskan orientasi mereka pada kesehatan dan kualitas hidup mereka sendiri. Mereka dapat menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, dan berlibur untuk mengurangi stres. Dengan begitu, mereka dapat menikmati hidup dengan lebih baik dan merasa lebih bahagia.

Selain itu terkadang ketika kita mempunyai anak dan keadaan finansial sedang buruk, untuk makan, sebagai orang tua pasti memilih anaknya untuk makan dari pada orang tua itu sendiri, nah dengan keuntungan childfree ini, kita bebas dan tidak perlu khawatir ketika ekonomi kita terpuruk untuk urusan perut, karena kita hanya memikirkan 2 perut saja.

4. Fleksibilitas dan Kebebasan Waktu Adalah Keuntungan ChildFree

Fleksibilitas dan Kebebasan Waktu Adalah Keuntungan ChildFree

Tanpa mempunyai buah hati, pasangan dapat menikmati fleksibilitas dan kebebasan dalam pengaturan waktu mereka. Mereka bisa merencanakan aktivitas-aktivitas yang menarik bagi mereka, menghadiri acara sosial, atau berlibur tanpa harus mempertimbangkan kebutuhan dan jadwal anak.

Karena biasanya ketika kita ingin berlibur, cuti kita dan libur anak berbenturan sehingga tidak ada waktu yang tepat untuk menyiapkan liburan, menjadi childfree mungkin seru ketika kita bebas mengisi waktu luang kita, tapi disisi lain mungkin kita akan kesepian jika ada waktu yang terlalu banyak kosong tanpa ada seorang anak.

5. Dampak Positif Untuk Lingkungan Kita

Tidak memiliki anak juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Dengan jumlah penduduk yang terkendali, akan semakin cepat bagi bumi untuk memulihkan sumber daya alamnya. Keputusan childfree dapat menjadi kontribusi kecil yang baik untuk menjaga keberlanjutan planet kita.

Mungkin alasan diatas masih kurang rasional ya, cuma ada alasan lain lagi, keitka kita mempunyai anak kecil, biasanya anak suka semabrangan melakukan tindakan di lingkungan, begitu juga ketika beranjak dewasa, terkadang anak yang tak terkendali membuat lingkungan geram, karena terlalu banyak tindakan-tindakan yang tidak baik di lakukan.

6. Menambah Hubungan Pasangan Lebih Berkualitas

Menambah Hubungan Pasangan Lebih  Berkualitas

Saat pasangan tidak mempunyai anak, pasangan lebih dapat fokus dengan membangun dan meningkatkan kualitas hubungan mereka. pasangan dapat dan bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersama-sama, saling mendukung dan menguatkan, dan menjalin kedekatan emosional yang lebih intim dan dalam.

Karena biasanya ketika kita mempunyai anak, maka cinta dan enerji kita tercurahkan semua kepada anak, sehingga terkadang kita lupa akan pasangan kita, karena kita begitu sangat mencintai seorang anak, tapi dengan childfree kita akan lebih berfokus pada pasangan kita dan mencurahkan semua enerji dan cinta kita ke pasangan.

7. Keuntungan Childfree Menghormati Keputusan Pribadi

Setiap individu memiliki hak untuk memilih jalan hidup yang mereka inginkan. Memilih menjadi childfree adalah keputusan pribadi yang perlu dihormati. Tidak ada satu jalan hidup yang lebih baik daripada yang lain, yang terpenting adalah kita bahagia dengan pilihan yang kita buat, serta siap menerima segala resiko yang akan hadir ketika kita tidak mempunyai anak.

Nah, itu bahwa bukan berarti childfree tidak memiliki kekurangan dan sisi negatif. Ada tantangan dan tentu akan ada kesulitan-kesulitan yang harus dihadapi para pasangan childfree yaitu tidak adanya bantuan dari anak-anak ketika memasuki masa tua atau mengalami kesehatan yang memburuk.

Kita tidak mungkin akan mengandalkan keluarga besar atau teman-teman kita bahkan lingkungan kita, karena seperti biasa, manusia terkadang lebih sibuk dengan urusannya sendiri, dan prioritas utama mereka adalah itu, jadi ketika mempunyai anak, cinta anak akan tercurahkan kepada kita dimasa Tua.

Tidak memiliki anak bukanlah pilihan yang salah atau egois, melainkan merupakan keputusan yang diambil berdasarkan kebutuhan dan tujuan hidup pasangan. Jika mereka bahagia dengan keputusan childfree, maka itulah keuntungan terbesar yang mereka peroleh.

Nah bagaiaman pendapat teman-teman dengan childfree ini? kalo teman-teman ada pendapat jangan sungkan-sungkan tulis di kolom komentar ya, artikel ini memang saya buka agar bisa saling berdiskusi

Share.

Leave A Reply