PBN MURAH

Polsek Metro Setiabudi menguak permasalahan pemalsuan dokumen, di antara lain kartu SIM serta KTP. Polisi menarangkan metode membedakan SIM serta KTP palsu.

Kasi SIM Satpas Daan Mogot, Kompol Rezha Rahandi, menarangkan SIM serta KTP palsu yang dijual pelakon memiliki kemiripan dengan yang asli. Tetapi, pada perinci tertentu, didapatkan perbandingan yang jelas antara SIM serta KTP palsu dengan yang asli.

” Kasat mata nyaris mirip. Tetapi yang kedua dari segi tulisan. Dari segi tulisan pula nyaris sama, sebab kan ia memakai pc ya, pc pencetakannya pula nyaris sama. Otomatis itu pula dapat nyaris mirip. Jadi kita tidak dapat katakan ini asli ataupun palsu,” kata Kompol Rezha kepada wartawan di Polsek Metro Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa( 28/ 5/ 2024).

Setelah itu Rezha menarangkan lebih perinci soal perbandingan kartu SIM yang asli dengan yang palsu. Sebagian di antara lain bisa dibedakan dari barcode serta hologram di stiker pelapis.

” Nah yang sangat jelas merupakan skin barcode. Yang selanjutnya merupakan sticker pelapisnya ini, itu telah jelas kita terdapat hologramnya. Yang terkini terdapat hologramnya, ini dapat kita amati. Ini telah jelas nih terdapat hologramnya, dapat diperlihatkan,” tambahnya.

Setelah itu, Rezha menarangkan hologram yang terletak di bagian balik SIM merupakan pembeda yang sangat jelas antara SIM palsu serta SIM asli. Ia menegaskan hologram formal dari Korps Kemudian Lintas( Korlantas) Polri tidak hendak dapat dipalsukan.

” Hologram itu jika dari Korlantas itu, pengadaannya telah jelas kalau hologram ini hingga kapanpun tidak hendak dapat dipalsukan. Nah itu yang sangat memastikan kalau itu SIM- nya asli ataupun palsu,” ucapnya.

Imbauan buat Masyarakat

Berikutnya, Rezha mengimbau warga biar tidak membuat SIM ataupun dokumen palsu. Ia berkata hendaknya langsung tiba ke Satuan Penyelenggara Administrasi SIM( SATPAS) terdekat.

” Maksudnya sesungguhnya jangan terpaku ataupun iming- iming dari online, Facebook, ataupun seluruh berbagai. Silahkan tiba ke Satpas pembuatan sim. Di DKI kan telah terdapat 5 ataupun 6, di DKI Jakarta sendiri kan terdapat Satpas Serta Mogot. Jika ingin misalnya wilayah Depok terdapat Satpas Depok, di orang Bekasi terdapat di Bekasi,” kata Rezha.

2 Pemalsu Dokumen KTP Dibekuk

Lebih dahulu, Polsek Metro Setiabudi menangkap 2 orang pemalsu dokumen berbentuk SIM, KTP, ijazah, serta novel nikah yang tersebar di daerah Jakarta. Pelakon terdiri dari 2 orang bernama samaran TN( 32) serta PRA( 21).

Kedua pelakon diamankan pada Jumat( 17/ 5) dekat jam 22. 30 Wib di Jalur Sawah Lunto No 67 RT 002/ 001, Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Pelakon mengakui sudah melaksanakan perbuatannya semenjak Agustus 2023.

Pelakon TN memasang iklan lewat media sosial( medsos) Facebook. Bila terdapat pemesan yang menghubungi, pelakon hendak memusatkan pemesan buat menghubungi lewat aplikasi WhatsApp( WA).

Sehabis itu pemesan dimohon mengirimkan informasi bukti diri tercantum gambar pemesan serta contoh ciri tangan buat dibuatkan jadi dokumen palsu cocok dengan yang dipesan. Setelah itu pemesan dimohon mentransfer duit ke rekening TN serta pesanan diproses

Pencetakan pesanan berbentuk SIM serta KTP memakai fitur pc kepunyaan TN. Sebaliknya pesanan berbentuk ijazah serta novel nikah dicetak di tempat fotokopi. Terakhir, dokumen- dokumen palsu itu dikirim pelakon lewat jasa pengiriman ke alamat pemesan.

Benda fakta yang disita antara lain 13 lembar SIM palsu, 4 lembar KTP palsu, sejoli novel Nikah palsu, 5 lembar ijazah palsu, 1 unit fitur pc, 1 unit charger printer, 1 unit modem, 150 lembar thermal id card, 100 lembar plastik antigores, serta 2 unit hp. Pelakon dijerat Pasal 263 ayat( 1) juncto 55 ayat( 1) ke- 1 KUHP dengan ancaman hukuman penjara sangat lama 6 tahun.

Share.

Comments are closed.

slot slot slot slot slot