Jepang, dengan kekayaan budaya, alam yang indah, dan keunikan modernnya, menjadi destinasi impian bagi para backpacker yang mencari petualangan yang tak terlupakan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tips backpacking hemat dan seru untuk menjelajahi Jepang dengan ransel di punggung.

Baca Juga : Politik Luar Negeri Presiden Indonesia Posisi dan Pengaruh Internasional

dalam tips dan trik yang kami berikan akan membawa Anda melalui pengalaman budaya, wisata alam, dan petualangan urban di Negeri Sakura tapi dengan budget yang bisa kita tekan seminim dan se-efisien mungkin sehingga biyaya akan menjadi jauh lebih mura.

 1. Tips Backpacking Hemat Di Jepang Transportasi Umum

Tips Backpacking Hemat Di Jepang Transportasi Umum

Jepang terkenal dengan sistem transportasinya yang efisien. Agar lebih hemat, pertimbangkan untuk membeli JR Pass, tiket kereta dengan akses tak terbatas ke jaringan JR di seluruh Jepang. Gunakan juga bus lokal dan sepeda untuk menjelajahi kota-kota kecil dengan biaya yang lebih terjangkau.

 2. Tips Backpacking Hemat Akomodasi Budaya

Jepang menawarkan beragam pilihan akomodasi, termasuk ryokan (penginapan tradisional Jepang) dan minshuku (rumah tamu). Ini bukan hanya tempat menginap, tetapi juga pengalaman budaya yang mendalam. Beberapa hostel juga menyediakan kamar tidur bersama dengan harga yang lebih terjangkau.

 3. Makan Hemat di Warung dan Pasar Jepang

Nikmati makanan lezat Jepang tanpa merusak anggaran dengan mencoba hidangan di warung dan pasar lokal. Kios di pasar-pasar tradisional menawarkan berbagai bentuk sushi, ramen, dan makanan ringan Jepang dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan restoran formal.

 4. Explore Kota-kota Kecil

Selain kota besar seperti Tokyo dan Osaka, luangkan waktu untuk menjelajahi kota-kota kecil di Jepang. Kawagoe, Kurashiki, dan Takayama adalah contoh kota-kota yang mempertahankan pesona sejarah dan budaya tradisional Jepang.

 5. Nikmati Keindahan Alam di Pegunungan dan Pantai

Jepang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, dari puncak Gunung Fuji hingga pantai di Okinawa. Gunung dan pantai sering memiliki jalur hiking dan snorkeling gratis yang memungkinkan Anda menikmati keindahan alam tanpa biaya mahal.

 6. Kunjungi Kuil dan Taman Bersejarah Di Jepang

Kuil dan Taman Bersejarah Di Jepang

Jelajahi warisan budaya Jepang dengan mengunjungi kuil-kuil bersejarah dan taman tradisional. Banyak kuil seperti Kinkaku-ji di Kyoto atau Senso-ji di Tokyo dapat diakses dengan biaya masuk yang terjangkau atau bahkan gratis.

 7. Tips Backpacking Hemat Dijepang Menghemat di Pertunjukan Budaya

Makan Hemat di Warung dan Pasar Jepang

Nikmati pertunjukan budaya tradisional seperti tea ceremony atau pertunjukan kabuki tanpa harus membayar harga tiket penuh. Beberapa pusat seni dan kuil menyelenggarakan acara gratis atau dengan biaya yang sangat rendah.

 8. Aktivitas Gratis di Kota Besar

Di kota-kota besar, banyak atraksi yang dapat dinikmati tanpa biaya masuk. Nikmati pemandangan Tokyo dari Tokyo Metropolitan Government Building atau jelajahi taman-taman kota seperti Ueno Park yang menyajikan berbagai kegiatan gratis.

 9. Gunakan Aplikasi Transportasi dan Turis

Unduh aplikasi transportasi dan turis seperti Google Maps dan Japan Official Travel App. Ini akan membantu Anda menghemat waktu dan uang dengan memberikan informasi rute tercepat dan menampilkan penawaran khusus di restoran dan toko-toko lokal.

 10. Ikuti Festival dan Acara Lokal

Cek kalender festival dan acara lokal selama kunjungan Anda. Banyak festival tradisional dan acara budaya yang dapat diikuti secara gratis dan memberikan wawasan mendalam tentang kehidupan dan budaya Jepang.

 11. Mencoba Penginapan Kapsul

Penginapan kapsul adalah opsi akomodasi yang unik dan ekonomis di Jepang. Meskipun berukuran kecil, penginapan kapsul menyediakan tempat tidur yang nyaman dan fasilitas yang memadai bagi para backpacker yang mencari hemat biaya.

 12. Gunakan Sejumlah Kartu Diskon

Jepang memiliki berbagai kartu diskon yang dapat menghemat biaya transportasi, belanja, dan makanan. JR Pass, Suica, dan Pasmo adalah beberapa contoh kartu yang dapat memberikan diskon signifikan.

 13. Berbelanja di Toko Serba 100 Yen

Temukan barang-barang kecil dan suvenir di toko serba 100 yen (sering disebut “hyaku-en shoppu”). Meskipun harganya terjangkau, banyak barang yang dijual berkualitas tinggi dan dapat menjadi kenang-kenangan yang baik.

 14. Jelajahi Dengan Sepeda

Di beberapa kota, menyewa sepeda adalah cara hemat dan menyenangkan untuk menjelajahi lingkungan sekitar. Sepeda seringkali dapat disewa dengan biaya rendah per jam atau per hari.

 15. Gunakan Wifi Gratis di Tempat Publik

Jepang memiliki banyak titik wifi gratis di tempat-tempat umum seperti stasiun kereta, pusat perbelanjaan, dan taman kota. Manfaatkan wifi gratis ini untuk tetap terhubung tanpa perlu membeli kartu SIM atau layanan data seluler.

 16. Kunjungi Pameran Seni Gratis

Banyak museum seni dan galeri di Jepang menyelenggarakan pameran gratis pada hari-hari tertentu. Manfaatkan kesempatan ini untuk menikmati seni dan budaya tanpa biaya masuk yang tinggi.

 17. Aktivitas Gratis di Taman Kota

Taman-taman kota di Jepang sering menyelenggarakan acara gratis seperti pertunjukan musik, yoga, atau piknik komunitas. Bergabunglah dengan kegiatan ini untuk merasakan kehidupan lokal tanpa biaya yang signifikan.

 18. Tips Backpacking Hemat Di Jepang Bermain di Arkade

Untuk pengalaman gaming yang unik, kunjungi arkade di kota-kota besar. Beberapa arkade memiliki per

mainan gratis atau biaya masuk yang rendah, memungkinkan Anda merasakan atmosfer arkade Jepang tanpa menguras kantong.

 19. Tips Backpacking Hemat Di Jepang Rekreasi Gratis di Onsen Alami

Beberapa kawasan onsen (pemandian air panas) di Jepang memiliki sumber air panas alami yang dapat dinikmati tanpa biaya. Cari informasi tentang onsen gratis di area tujuan Anda untuk pengalaman relaksasi yang tak terlupakan.

 20. Berbicara dengan Penduduk Lokal:

Salah satu cara terbaik untuk mengenal budaya Jepang tanpa biaya adalah dengan berbicara dengan penduduk lokal. Bertanya tentang kehidupan sehari-hari, tradisi, dan rekomendasi tempat-tempat menarik dapat memberikan perspektif yang berharga.

Dengan memanfaatkan tips hemat ini, backpacking di Jepang dapat menjadi pengalaman yang memuaskan tanpa harus menguras kantong. Jepang menawarkan kombinasi unik antara tradisi dan modernitas, dan menjelajahnya dengan ransel di punggung memberikan pengalaman yang mendalam dan tak terlupakan. Segera rencanakan petualangan Anda ke Negeri Sakura dan nikmati keajaiban yang ditawarkan oleh Jepang.

Share.

Leave A Reply